Kamis, 28 Mei 2009

Beda Feed di Blogspot dan WordPress

Postingan ini sebenarnya sudah dari seminggu kemarin saya ingin postingan, pertama ingin saya tempatkan di aggregat komunitas Blogger Namun, setelah saya lihat-lihat ada baiknya saya posting di blog saya dulu sebagai sebuah orekan. Siapa tahu ada kekurangan dari tulisan ini, baru saya sajikan ke Aceh Blogger nantinya.

Jadi, begini kawan-kawan dan saudara-saudara ku sebangsa dan setanah air. Kerap kali, dalam seminggu saya melakukan web feed (dalam bahasa Indonesianya pembaca umpan) pada berbagai macam URL yang ada. Tentunya feed yang saya lakukan tersebut untuk ditampilkan di situs ABC.

Sebagaimana yang kita ketahui, situs ABC merupakan aggregator dari kumpulan blogger Aceh yang telah terdaftar sebelumnya disini. Kebetulan pengalaman yang saya alami selama lebih kurang satu tahun ini berhubungan dengan engine-nya wordpress untuk alamat yang difeed tersebut membuahkan sebuah pertanyaan.

Banyaknya URL dari rekan-rekan blogger yang mendaftar di ABC, masih dilakukan secara manual di syndication yang merupakan plugin dari feedWordPress sendiri. Keanehan yang terjadi adalah saat kita melakukan feed pada blog yang mempunyai domain blogspot.com.

Entah kenapa dari sekian banyak blog yang mendaftar di blogspot.com, hampir rata-ratanya untuk mevalidasi keterangan user tersebut sering mengalami miss. Maksudnya disini adalah ketika blog si A yang beralamat di http://aaa.blogspot.com dan mendaftar di blogspot.com sebagai user yang bernama Ab, maka kesalahan yang sering menimpa anggregat nama si Ab tersebut akan men-default member lain untuk menjadi nama usernya juga (Ab, -pen), walaupun user yang lain mempunyai alamat blogspot yang berbeda.

Setelah saya lihat dan perhatikan, memang ini merupakan sebuah kelamahan utama dari plugin feedWordPress yang belum bisa begitu stabil dengan otomatis melakukan sindikasi terhadap blog yang beralamat di blogspot.com. Namun, lain halnya ini juga bisa terjadi dari kesalahn blogspot.com yang tidak bisa begitu dinamis dalam melakukan optimasi untuk di feed URL-nya tersebut.

Bila saya bandingkan domain dari wordpress.com, sungguh sangat berbeda jauh. Dari kesemua URL yang saya aggregat dari blog wordpress.com tidak ada yang mengalami ID user yang tertimpa dengan user yang lain.

Terlepas dari itu semua, untuk menangani masalah di atas. Sering kali dan mungkin berulang kali saya melalukan setting terhadap alamat blog dari blogspot.com untuk menjegah terjadinya hal tersebut. Mungkin ini juga sebuah pembelajaran, dimana saya juga harus belajar lagi untuk menghindari default user dari URL yang didaftarkan Blogger, atau mungkin ada sekalian punya solusinya atau juga anda malah bingung setelah membaca postingan saya ini…. :D

Pokoknya harus bisa dihindari nih dari agregat ABC, semakin lama tentu saya juga akan kewalahan memantau Blogger yang semakin ramai saja di komunitas ini (lebih kurang sudah tercatat 140 orang). Intinya hidup para Blogger deh!

copas from >>http://mhs.blog.ui.ac.id

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hallo sobat sukorejo.maas fajar belehkah numpang kenalan??????

kapan silahkan mampir di KAMPOENG SAYA

makasih ya mas