Rabu, 03 Maret 2010

Tuntut Hasanuddin dibebaskan Kejari Kendal didemo

KENDAL - Ratusan orang pendukung tersangka bantuan sosial (Bansos) dari Bapermas Pemprov Jateng tahun 2008, Hasanuddin, menggeruduk Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendal, Kamis (4/3) pagi tadi. Mereka menuntut agar Hasanuddin dibebaskan dari tuduhan pemotongan dana Bansos tersebut.

’’Orang yang membantu menyejahterakan masyarakat kok malah dihukum, ini tidak adil,’’ ujar Koordinator Penerima Bantuan Proyek, Sukirno.

Sukirno mengatakan, proyek bantuan yang diterima melalui Hasanuddin tahun 2008 nilainya sebesar Rp 1,028 milliar. Bantuan tersebut digunakan untuk membangun jaringan air bersih, perbaikan jalan dan pembangunan irigasi. Dari jumlah dana bantuan tersebut yang dikeluarkan untuk pembangunan mencapai Rp 1,342 miliar. ’’Semua bukti pembangunan itu ada dalam kuitansi belanja.’’ jelasnya.

Sebelum menggeruduk Kejaksaan, massa melakukan orasi di bundaran Sukorejo untuk menjelaskan kepada masyarakat yang dinilai telah salah paham dengan penahanan Hasanuddin.

Diklaim Sukirno, massa yang jumlahnya sekitar 600 orang itu hanya menuntut Hasanuddin dibebaskan dari tuduhan melakukan korupsi dan dibebaskan dari penjara. ’’Pak Hasanuddin sudah menjalankan bantuan dari pemprov, bahkan jumlah bantuannya lebih besar dari jumlah yang diterima kok malah dipersalahkan," pungkasnya.

Sementara itu Kajari Kendal, Jaya Kesuma SH MHum mengatakan, pihaknya tidak mempermasalahkan aksi demo yang dilakukan pendukung Hasanuddin. Pihaknya menahan dan menetapkan seseorang sebagai tersangka karena sudah memiliki bukti yang cukup, sementara aksi demo akan dijadikan bahan masukan dan pertimbangan tersendiri.

Seperti diketahui, mantan Wakil Ketua DPRD Kendal periode 2004-2009, Hasanuddin akhirnya resmi ditahan Kejari Kendal bersama dua rekannya setelah dijadikan tersangka dugaan kasus korupsi pelaksana proyek bantuan sosial dari Bapermas Pemprov Jateng tahun 2008 pada 19 Oktober 2009. Hasanuddin ditahan bersama dua rekannya masing-masing, Darmanto sebagai kontraktor dan Bambang Ujiantoro salah seorang staf DPD Partai Golkar Kendal. Mar-Ct copas ..http://www.wawasandigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=38167&Itemid=1

1 komentar:

dwipo mengatakan...

hidup pak udin !!!!!!!